Rabu, 07 Juli 2010

UJIAN -COBAAN SBG PROSES PENDEWASAAN DIRI.

'Tiap-tiap yg bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dgn keburukan dan kebaikan sebagai cobaan dan hanya kepada Kamilah kamu akan kembali.' (Al-Anbiyaa :35).

Di dlm hidup kita akan senantiasa melewati cobaan dan ujian yg akan menimpa mentalitas kita agar kita menjadi matang dan lbh dewasa dari sebelumnya. Tempaan itu dlm berbagai bentuk dan wujud sesuai dgn kadar dan kondisi masing" diri kita.

Ketika kita dulu masih bayi slalu mendapat apa yg kita inginkan kmdian disapih, bisa jalan sendiri dan bisa berpikir sendiri, mampu membedakan mana yg baik dan mana yg buruk. Setiap perbuatan memiliki konsekwensi yg harus kita pertanggung jwbn. Itulah yg disebut dgn kedewasaan diri.

Kedewasaan ditentukan oleh kematangan emosial diri kita namun lingkungan kita berada juga mempengaruhinya. Semua yg kita lihat, kita rasakan berpengaruh dlm pembentukan kedewasaan diri kita.

Salah satu faktor yg berpengaruh dlm pendewasaan diri kita adlh ujian, cobaan, musibah, kesedihan dan penderitaan. Jika kita ditimpa dgn cobaan, ujian, musibah, kesedihan dan penderitaan yg begitu berat akan mampu merubah diri kita. Kita dihadapkan kpda beban yg begitu berat sanggup atau tidak, suka atau tdk suka kita harus m'selesaikan smua masalah yg kita hadapi. Kita harus mampu memetik pelajaran dari setiap masalah yg hadir dalam hidup kita. Kita belajar untuk menerima keadaan, belajar bersabar, belajar menyelesaikan masalah yg menjadikan kita lebih dewasa dlm hidup ini.

Ketika kita menangis, bersedih, mengomel, menyalahkan keadaan akibat berbagai cobaan itu bertanda kita blm dewasa namun begitu kita mampu m'selesaikan setiap masalah yg kita hadapi dgn baik maka kita semakin lbh dewasa. Jadi sambutanlah setiap masalah, cobaan, penderitaan dgn penuh suka cita sebab telah hadir anugerah Allah Subhanahu Wa Ta'ala yg mendewasakan diri kita. Firman Allah,

'Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap harta dan dirimu. Dan juga kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yg diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yg mempersekutukan Allah, gangguan yg banyak, yg menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, maka sesungguhnya yg demikian itu termasuk urusan yg patut diutamakan.' (QS. ali-Imran : 186).

Nah loh agar tetep smangat, tetap terseyum, Insya Allah kita smua akan diberi istri/suami, rezeki, kesuksesan dlm tugas dan apapun yg kita minta yg lebih baik dan barokah..amin